Minggu, 01 Januari 2012

Siapa yang dapat menerawang masa depanku?

Tahun 2011 sudah berakhir, ada dua hal yang sering dilakukan setiap orang pada pergantian tahun.  Refleksi dan resolusi.  "Refleksi"  yaitu upaya untuk berfikir ulang apa yang sudah dilakukan selama tahun yang sudah di lewati.  Hal-hal apa saja yang sudah berhasil? atau apa saja yang belum dapat tercapai?.  Semacam evaluasi bagi diri sendiri.  Hal lainnya yaitu "resolusi".. Sebenarnya kata resolusi adalah kata serapan dari bahasa Inggris resolution, yang salah satu artinya adalah "something one makes up one's mind to do"  Jadi hal-hal apa yang ingin dilakukan, dalam tahun yang akan dijalani.  Refleksi dan resolusi, dua hal yang selalu dilakukan di akhir tahun dan awal tahun.
Meski demikian ke dua kegiatan itu masih tepat untuk dilakukan bagi semua orang.  Dari pada pergi ke para normal untuk menerawang apa yang akan terjadi di masa depan kita.
Ha,.. ha sebagai anak-anak Tuhan, yang setiap hari melayani Tuhan, kita tidaklah memerlukan penerawangan dari para normal.  Mengapa demikian?  "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan" (Yer 20:11).  
Tuhan yang memberikan rancangan damai sejahtera dan hari depan yang penuh harapan.  Jadi tidak memerlukan hal-hal yang masih samar-samar semacam penerawangan.
Itu sebabnya kita senantiasa memerlukan segala petunjuk Tuhan untuk melangkah di tahun-tahun mendatang.  Dan hanya Tuhanlah yang dapat memberitahukan jalan kehidupan kepada kita "Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan:Engkau melimpahi aku dengan sukacita dihadapanMu" (Kisah Para rasul 2:28).
Kita bersyukur, karena Tuhan senantiasa memberikan apa yang kita perlukan dalam kehidupan ini, yaitu jalan kehidupan.  Dengan demikian kita tidak akan tersesat dalam dunia ini.  Bahkan ada sukacita di hadapanNya.
Apapun resolusi saudara di tahun 2012, ingatlah hanya Tuhan yang dapat memberi tahu jalan kehidupan kepada kita semua.
Selamat tahun baru, para pelayan Tuhan, semoga damai dan sukacita Tuhan senantiasa memenuhi kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar